• Kesra

Inggris Luncurkan Vaksin Pfizer/ BioNtech Segera

Asrul | Kamis, 03/12/2020 06:50 WIB
Inggris Luncurkan Vaksin Pfizer/ BioNtech Segera Ilustrasi Vaksin (foto: suara)

beritakaltara.com - Inggris telah menjadi negara pertama yang mengizinkan penggunaan vaksin Pfizer / BioNtech secara publik setelah regulator negara tersebut secara klinis menyetujui jab tersebut pada Rabu (1 Desember).

Vaksin, yang memberikan perlindungan 95% terhadap COVID-19, akan diluncurkan paling cepat minggu depan, menurut pernyataan pemerintah.

"Pemerintah hari ini telah menerima rekomendasi dari Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan (MHRA) independen untuk menyetujui penggunaan vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech," katanya.

"Vaksin akan tersedia di seluruh Inggris mulai minggu depan."

Vaksin tersebut telah diizinkan untuk penggunaan darurat oleh Medicines and Healthcare Products Regulatory Authority (MHRA), karena persetujuannya masih menunggu keputusan di AS dan Eropa.

"Kita semua harus mematuhi langkah-langkah ini dan kita harus mematuhinya - mari kita terus melakukannya karena bantuan sedang dalam perjalanan," kata Menteri Kesehatan Matt Hancock, berbicara kepada SkyNews.

Hancock mengatakan vaksin itu akan dikirim oleh rumah sakit, pusat vaksinasi massal, dokter umum, dan apotek di seluruh negeri.

"Sekarang kita bisa melihat jalan keluar dan kita bisa melihat pada mata air kita akan melewati ini," katanya.
"Jangan menyerah dan kehilangan tekad kita sekarang - ikuti aturan itu."

Kandidat vaksin BNT162b2, yang dikembangkan oleh perusahaan BioNTech ilmuwan Turki-Jerman, UgurSahin, memiliki kemanjuran lebih dari 94% pada orang dewasa berusia 65 ke atas, menurut hasil studi klinis Tahap 3.

BioNTech dan Pfizer berencana untuk memproduksi lebih dari 50 juta dosis pada akhir tahun ini dan berpotensi lebih dari 1,3 miliar dosis pada akhir tahun 2021.

Otoritas Inggris mengatakan mereka telah memesan 40 juta dosis vaksin (Anadolu Agency)

FOLLOW US