• Nasional

Israel Dituding Aktor Dibalik Tewasnya Baka Nuklir Iran

Syafira | Sabtu, 28/11/2020 16:10 WIB
Israel Dituding Aktor Dibalik Tewasnya Baka Nuklir Iran Bendera kebangsaan Israel (Foto: Anadolu)

beritakaltara.com - Israel dituding di balik serangan yang menewaskan salah satu ilmuwan nuklir Iran paling terkemuka, Mohsen Fakhrizadeh. Mobilnya diberondong peluru dan bom saat berada di Damavand dekat ibu kota Teheran pada Jumat (27/11).

"Fakhrizadeh terluka parah ketika penyerang menyerang mobilnya sebelum terlibat dalam baku tembak dengan tim keamanannya," kata Kementerian Pertahanan Iran dalam sebuah pernyataan.

Ditambahkan bahwa nyawa Fakhrizadeh, yang memimpin organisasi penelitian dan inovasi Kementerian Pertahanan Iran akhirnya tidak tertolong saat di rumah sakit.

Fakhrizadeh, pernah digambarkan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu sebagai bapak program senjata nuklir Iran, telah melakukan perjalanan dengan mobil di dekat kota Absard di wilayah Damavand timur provinsi Teheran.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan ada indikasi serius peran Israel dalam pembunuhan ilmuwan itu. "Teroris membunuh seorang ilmuwan Iran terkemuka hari ini," tulis Zarif di Twitter.

"Kepengecutan ini - dengan indikasi serius dari peran Israel - menunjukkan penghasutan yang putus asa dari para pelaku," tambahnya.

Zarif juga meminta komunitas internasional untuk mengakhiri standar ganda mereka yang memalukan dan mengutuk tindakan teror negara tersebut.

Pembunuhan Fakhrizadeh terjadi kurang dari dua bulan sebelum Joe Biden menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat (AS).

Biden telah berjanji untuk kembali ke diplomasi dengan Iran setelah empat tahun hawkish di bawah Presiden AS Donald Trump, yang menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran pada 2018 dan mulai menerapkan kembali sanksi yang melumpuhkan. (AFP)

FOLLOW US