• Gaya Hidup

Alasan Olahraga Air Penting untuk Sendi

Syafira | Senin, 16/11/2020 07:40 WIB
Alasan Olahraga Air Penting untuk Sendi Ilustrasi Olahraga Air

Beritakaltara.com - Saat ini bersepeda menjadi olahraga tren, namun alangkah baiknya juga dikombinasi dengan olahraga air. Ini sangat penting selain menjaga ketahanan tubuh, juga meringankan penderita radang sendi serta meningkatkan fleksibilitas gerakan tubuh.

Alasan lainnya dari olahraga air, yakni memulihkan fungsi sendi yang sedang terasa nyeri, tanpa menambah buruk gejalanya, meningkatkan kesehatan dan memelihara kebugaran tubuh, dan mengurangi nyeri.

Karena air merupakan zat yang dapat membuat tubuh terapung. Saat melakukan olahraga air, akan menunjang  tubuh sehingga sendi tidak perlu bekerja keras. Dan di air tubuh hampir tidak memiliki gravitasi sehingga tubuh kehilangan 90 persen beratnya.

Kemudian, air juga menciptakan daya redam alami ketika Anda menggerakkan tubuh. Ini membuat otot seperti berlatih dengan beban tanpa perlu bantuan alat.

Jika berolahraga di kolam renang dengan air hangat (28-31 derajat Celsius), ada manfaat tambahan yang bisa dirasakan, yaitu membantu meredakan sakit pada sendi.

Jadinya, tidak perlu diragukan lagi manfaat olahraga untuk kebugaran tubuh. Jangan jadikan radang sendi sebagai penghalang bagi Anda untuk melakukan berbagai aktivitas, terutama olahraga. Aktivitas fisik terbukti justru dapat memberi efek baik bagi penyakit radang sendi.

FOLLOW US